M / 12 Syawal 1440 H
Sambutan Kepala Sekolah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh.   Website terbaru SMA Negeri 5, merupakan pengembangan dari website yang ada. Website ini kami kembangkan, sebagai upaya sekolah untuk membuka jalur-jalur komunikasi, selain memakai alat komunikasi konvensional, sekaligus sebagai tuntutan stake holders pendidikan. Website yang kami adalah salah satu bagaian dari pengembangan program ICT (Information and communication technology) yang menyeluruh. Pada era Global kemampuan ICT men...

PPDB2018
 Data Pokok Pendidikan
DISDIK Kota Semarang
Dinas Pendidikan Provinsi Jaw
Agenda Kegiatan
16 June 2019
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6

Student Exchange Germany Indonesia

Tanggal : 10/08/2018, 10:19:57, dibaca 81 kali.
HAI-Online.com – Mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional sudah menjadi cita-cita anak bangsa.

Hal itu pula yang dilakukan oleh 25 pelajar dari SMA Negeri 5 Semarang yang mengikuti kegiatan pertukaran pelajar di Jerman.

Kegiatan pertukaran pelajar itu dilakukan selama tiga minggu atas kerja sama mereka dengan Heinrich-Heine-Gymnasium yang merupakan salah satu sekolah yang berada di Dortmund, Jerman.
Sebenarnya kegiatan ini bukan merupakan yang pertama kalinya, sob. Ini merupakan tahun ke-empat kedua negara menjalin kerja sama di bidang pendidikan terutama di program pertukaran pelajar ini.

Sedangkan selama 4 tahun program ini berjalan, sudah ada 84 siswa yang merupakan peserta program pertukaran pelajar ini. Keren banget kan.

“Para pelajar ini telah melalui berbagai tahapan seleksi. Tidak hanya dari sisi kemampuan bahasa Inggris, akan tetapi juga dari kemampuan akademik,” ujar Diah Follyati kepada media beberapa waktu lalu.
Diah Follyati merupakan pembimbing dari ke-25 siswa SMA N 5 Semarang.

“Selama di Jerman mereka dilatih untuk meningkatkan keterampilan interpersonal saat berada di lingkungan baru. Para pelajar juga ditugaskan untuk mempromosikan Indonesia dan nilai-nilai toleransi kepada komunitas Jerman,” lanjutnya.

Di dalam kesempatan tersebut, mereka bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Jerman, Bapak Arif Havas Oegroseno. Dalam sambutannya, beliau mengingatkan kepada para pelajar untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

“Kalian setidaknya telah mempunyai kelebihan yang mungkin tidak banyak dimiliki oleh remaja-remaja Indonesia seusia kalian, yaitu kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

“Namun untuk meraih kesuksesan dibutuhkan kesungguhan dan perlu menanamkan semangat menyukai apa yang kita kerjakan, serta menjaga keseimbangan antara science dan arts,” ujar Duta Besar Oegroseno.
Wah keren banget ya, sob. Salut banget deh sama siswa-siswi SMA N 5 Semarang yang bisa mempromosikan Indonesia dengan segala keragamannya lewat program pertukaran pelajar di Jerman ini. (*)

Penulis Erlangga Duto/ HAI


Kembali ke Atas


Berita Lainnya :


Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas


   Kembali ke Atas